SMARAK TARBIYAH (SMART)

       Sm@rak Tarbiyah (SM@RT) dan Pekan Ilmiah kali ini dibuka langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, KHR. Achmad Azaim Ibrahimy, selain membuka acara, beliau juga mengisi materi tentang Sirah Nabawiyah. Beliau menjelaskannya bermula sejak Pra Islam di Makkah, lahirnya Nabi Muhammad, masa kecil Nabi Muhammad, Masa Dewasa, dan juga ketika beliau dipersunting oleh Sayyidah Khadijah, sampai masa beliau diutus menjadi Nabi dan Rasul. Tidak hanya itu, beliu lebih menfokuskan pembahasannya terhadap dakwah penyebaran Islam baik secara sembunyi-sembunyi ataupun secara terang-terangan.

       Dalam kegiatan SM@RT yang bertajuk “Membidik Prestasi Mengembangkan Potensi” tidak hanya satu acara, namun berbagai macam acara di dalamnya, yaitu: Training Manajemen Class, yang dihadiri oleh Muazni, M.Pd., Training Keorganisasian (PKD), yang dihadiri oleh Mahmudi Bajuri, M.Pd., dan berbagai macam kegiatan lainnya guna mengembangkan wawasan mahasiswa.

 

View More

Khidmah Tarbiyah

       Usai pelaksanaan UAS Ganjil, fakultas Tarbiyah menyelenggarakan kegiatan bakti sosial mahasiswa dengan tema Khidmah Tarbiyah. Dalam kegiatan ini, mahasiswa diterjunkan ke berbagai desa di kabupaten Situbondo. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 pekan, yaitu pada tanggal 10 – 25 Februari 2019 mulai sejak penerjunan hingga kembali ke pesantren. 

Sebelum kegiatan ini dilaksanakan, panitia mengadakan pembekalan yang dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2019, guna menyiapkan program kerja dan sosialisasi kegiatan serta visi dan misi kegiatan. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa sebelum menginjak pada jenjang Kuliah Kerja Nyata (KKN), sehingga saat pelaksanaan KKN sudah mulai mengenal tata cara berinteraksi dengan berbagai jenis budaya di masyarakat. Oleh karena itu, program kegiatan bakti sosial ini diikuti oleh Mahasiswa 5.

       “Selain untuk mengajarkan ilmu dan mengamalkannya, kegiatan baksos ini guna mengenalkan pada kaliann tentang kehidupan bermasyarakat. Lebih-lebih, saat KKN nanti di jenjang berikutnya kalian akan lebih lama berbaur dengan masyarakat yang merupakan lingkungan baru bagi kalian.” KH. Aso Syamsudin, M.Pd.I., selaku dekan Fakultas Tarbiyah memberi arahan pada saat pembekelan. (ah)

 

View More

Himmah Tarbiyah

     Memperingati Hari Pendidikan Nasional, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Tarbiyah puteri (BEM-FT) menyelenggarakan seminar pendidikan yang dikemas dalam tema Himmah Tarbiyah. Seminar ini diselenggarakan pada 2 Mei 2019. “Seminar ini dalam rangka revitalisasi semangat pendidikan bagi mahasiswi, dan sebagai motivasi bahwa perempuan adalah generasi yang penting untuk disiapkan sebagai madrasah bagi generasi bangsa” Ujar H. Wedi Samsudi, M.Pd., Kabag. Kemahasiswaan Fakultas Tarbiyah. 

       Seminar ini dihadiri Prof. Dr. Mufidah Ch., M.Ag. sebagai pembicara, yang pernah menjabat sebagai  pimpinan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Mufidah Ch., M.Ag., memberi gambaran wajah perempuan yang memiliki kiprah di ranah sosial dalam budaya Indonesia yang kental dengan berbagai tradisi yang tidak mungkin ditiggalkan.

       “Terlebih mahsiswa yang berada di pondok pesantren, tentu memiliki kemandirian yang tinggi. Dengan segala keterbatasan dalam lingkungan pondok, pasti banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai kreatifitas kita dalam mengembangkan potensi yang ada dalam diri. Oleh karena itu, segera kenali potensi kita, lalu gali dan kembangkan.” Tuturnya. (ah)

 

View More
}