Profile-TMTK

Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi S1 Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah UNIB Sukorejo Situbondo adalah sebagai pendidik/guru profesional dan progresif di bidang pendidikan matematika, peneliti di bidang pendidikan matematika, penyelenggara lembaga pendidikan, tenaga pengajar bimbingan belajar, tenaga pengajar biro les private, konsultan dalam pengelolaan data penelitian, peneliti dan pengembang sumber belajar atau media pembelajaran matematika, dan interpreneur.

Perumusan CPL

Capaian pembelajaran lulusan S1 Tadris matematika terdiri atas 4 aspek yaitu sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus dan penguasaan pengetahuan. Aspek sikap dan keterampilan umm merujuk kepada Peraturan Mentri Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standa Nasional Pendidikan Tinggi. Sedangkan keterampilan umum dan penguasaan pengetahuan dihasilkan dari rapat tim pengembang kurikulum yang tertuang dalam keputusan Dekan Nomor: 0828/170/E.6/0171.095/X/III/2018.

Rumusan capaian pembelajaran yang telah ditetapkan meliputi:

Aspek Sikap

  1. Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlakul karimah
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, logika, etika dan estetika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme yang tinggi serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya, terutama di bidang pendidikan matematika, secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Mengenali dan memiliki kepedulian terhadap kearifan lokal serta mampu beradaptasi terhadap keragaman sosial budaya dalam skala regional, nasional bahkan internasional.

Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan proses berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill) dalam konteks pengembangan IPTEK
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanis berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi atau gagasan terutama di bidang Tadris dan pengajaran matematika
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian di bidang pendidikan dan pengajaran matematika dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya ke laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang Tadris matematika berdasarkan hasil analisis informasi dan data yang relevan, objektif, reprsentatif, mutakhir dan dapat dipercaya
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan teman sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya terutama di bidang pendidikan dan pengajaran matematika
  7. Bertanggung jawab terhadap pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab terhadap pencapaian hasil kerja kelompok/organisasi terutama di bidang pendidikan dan pengajaran matematika serta melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian perkerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memperhatikan kaidah keilmuan dan etika profesi
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  10. Mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi masalah di bidang pendidikan dan pengajaran matematika
  11. Mampu mengelola lembaga Tadris/ pendidikan baik formal maupun non formal
  12. Mampu memagaplikasikan prinsi-prinsip managemen dalam melakukan aktivitas produktif dalam suatu usaha
  13. Mampu melakukan analisis SWOT terhadap kondisi pasar dan kebutuhan konsumen jangka pendek dan panjang berkenaan eduprneurship.

Aspek Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengaplikasikan konsep dan pola pikir matematika serta konsep pedagogi-didaktik matematika dan memanfaatkan teknologi informasi serta komunikasi untuk mengembangkan media/sumber belajar khusus bidang matematika
  2. Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika kreatif-inovatif yang berorientasi pada kecakapan hidup
  3. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika menarik dan menyenangkan secara terukur
  4. Mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk mengolah data penelitian
  5. Mampu mengaplikasikan matematika dalam berbagai ilmu lain serta dalam bidang ilmu terapan
  6. Mampu melakukan pendampingan dan pembimbingan serta memberikan keteladanan bagi peserta didik terutama dalam pembelajaran matematika
  7. Mampu melaksanakan penelitian dan menghasilkan pemikiran ilmiah kreatif-inovatif sebagai alternatif pemecahan masalah dalam Tadris/ pendidikan matematika serta mengkomunikasikannya secara lisan maupun tertulis secara efisien, efektif, dan estetis
  8. Mampu beradaptasi terhadap situasi terkini yang berkembang terutama dalam bidang Tadris matematika khususnya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
  9. Mampu memanajemen suatu usaha
  10. Mampu mengidentifikasi setiap peluang yang ada dalam mengembangkan usaha yang ditekuni.

Aspek Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep pedagogi-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran matematika kreatif-inovatif, integratif-interkonektif di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Menguasai konsep matematika yang meliputi logika matematika dan himpunan, kalkulus, filsafat matematika, aljabar, analisis real, geometri, teori peluang dan statistika, matematika diskrit, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, etnomathematika, persamaan diferensial, dan metode numerik yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan menengah serta untuk studi lanjut.
  3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika kreatif- inovatif yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  4. Menguasai metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif dan campuran serta menguasai kaidah penulisan karya ilmiah untuk merancang dan melaksanakan penelitian serta mengkomunikasikan pemikiran ilmiah kreatif-inovatif sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang Tadris/ pendidikan matematika
  5. Memiliki kemampuan mengembangkan teori belajar mengajar, mengevaluasi hasil belajar, dan merencanakan pembelajaran matematika dengan penguasaan yang tinggi.
  6. Menguasai teknologi, terutama teknologi informasi dan komunikasi, yang relevan untuk mendukung pembelajaran matematika kreatif-inovatif dan untuk beradaptasi terhadap situasi terkini yang berkembang khususnya di bidang pendidikan dan pengajaran matematika
  7. Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia dan inggris yang baik, benar dan santun dalam ragam lisan dan tulisan sebagai pendidik atau pengusaha profesional serta kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat